Info Sehat

Bagaimana Resveratrol Meningkatkan Imunitas

Dunia sedang dalam cengkeraman pandemi Covid-19. Ini bukan pandemi pertama dan bisa jadi bukan pandemi terakhir yang menginfeksi dunia. Dulu ada Flu Spanyol pada tahun 1918-1919, Flu Asia pada tahun 1957-1958, Flu Hong Kong pada tahun 1968-1969 dan Flu Babi pada tahun 1976. Semua pandemi ini dipicu oleh virus variasi dari virus influenza. 

Dengan meningkatnya perjalanan udara global massal, muncul kemungkinan penyebaran infeksi yang cepat – terutama infeksi virus yang menyebabkan infeksi pernapasan. Infeksi pertama yang menyebar dengan cepat di era baru ini adalah Sindrom Pernafasan Akut Parah (SARS) pada tahun 2003; yang diikuti pada tahun 2012 oleh Middle East Respiratory Syndrome (MERS). Saat ini kita didera coronavirus alias Covid-19. 

Karena pandemi ini sebagian besar disebabkan oleh virus, kita harus mengandalkan sistem kekebalan kita untuk melawan virus ini, karena mereka bukan infeksi bakteri yang dapat dibunuh oleh antibiotik. Hanya ada beberapa jenis obat antivirus dan biasanya mahal. 

Jadi bagaimana kita dapat meningkatkan sistem kekebalan kita untuk melindungi kita dari berbagai infeksi ini – sekarang dan di masa depan? 

TINGKATKAN IMUNITAS

Langkah pertama meningkatkan imunitas adalah: Tidak merokok. Bagi Anda yang masih merokok, pertimbangkan untuk menghentikannya sekarang. Sebagaimana Anda tahu, sebagian besar infeksi pada akhirnya menyebabkan infeksi sistem pernapasan seperti pneumonia yang dapat membunuh orang yang terinfeksi. 

Jagalah tubuh supaya tetap bugar dan sehat. Konsumsi makanan sehat yang kaya antioksidan. Berbicara tentang antioksidan, di area inilah dikenal Resveratrol

Resveratrol adalah senyawa alami yang dapat ditemukan dalam anggur, jus anggur, anggur merah, dan beberapa jenis beri – termasuk blueberry dan cranberry – serta kacang tanah dan kakao. Senyawa tersebut adalah polifenol – yaitu, kelas zat kimia nabati dengan sifat antioksidan.

Sebuah penelitian untuk menyelidiki manfaat resveratrol pada manusia, yang dipimpin oleh Ji-Yao Ella Zhang, Ph.D., seorang rekan postdoctoral di Institut Kardiovaskular Whitaker di Universitas Boston di Massachusetts, menyimpulkan bahwa resveratrol mengaktifkan gen panjang umur pada manusia, yaitu gen SIRT1.”

Gen SIRT1 sangat terkait dengan kesehatan menyeluruh untuk menjaga kesehatan dan usia sel. 

Sebuah artikel yang diterbitkan pada tahun 2017 oleh BMC Infectious Diseases, menunjukkan bagaimana resveratrol mampu mengendalikan infeksi MERS coronavius ​​secara in vitro – yaitu dalam uji laboratorium. Artikel berjudul ‘Effective Inhibition of MERS CoV Infection by Resveratrol‘ oleh Lin, S.C. et al. Ini mengidentifikasi berbagai cara resveratrol tidak hanya mampu menghambat infeksi MERS CoV tetapi juga melawan kemunculan virus RNA lainnya. 

Sebuah informasi terbaru terbaru lainnya diterbitkan oleh Nutrients pada tahun 2019. Itu berjudul ‘Pengaruh Resveratrol pada Respon Imun’ oleh Malaguarnera, L. et al. Artikel ini juga mengidentifikasi berbagai cara resveratrol mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Artikel tersebut menyimpulkan, “Efek dari senyawa aktif biologis ini pada sistem kekebalan tubuh terkait luas dengan aneka manfaat kesehatan untuk berbagai penyakit autoimun dan peradangan kronis.” 

Resveratrol dipercaya meningkatkan daya hidup sel lebih lama dan mengurangi apoptosis yang diinduksi virus. 

DI MANA MENDAPATKAN RESVERATROL?

Orang-orang Eropa dan masyarakat yang terbiasa dengan anggur (wine), memenuhi kebutuhan resveratrol harian dengan mengkonsumsi anggur yang telah ditingkatkan kadar resveratrolnya (Resveratrol Enhanced Wine / REW) atau ‘Reselixir’ REW, untuk meningkatkan taraf kesehatan mereka.

Namun karena tidak semua komunitas bisa mengkonsumsi minuman mengandung alkohol, maka Resveratrol telah lama dikembangkan juga dalam bentuk suplemen berupa serbuk atau kapsul.

Akan tetapi sebetulnya cara terbaik untuk menyerapkan resveratrol adalah melalui mukosa bukal atau lapisan mulut. Karena itu Resveratrol terbaik seharusnya dalam bentul gel atau likuid agar dapat terserap sempurna di mulut.

Salah satunya adalah produk RESERVE yang menyediakan kandungan resveratrol tertinggi saat ini dan disajikan dalam bentuk gel yang juga terbukti dapat terserap sempurna.

Sehatkan keluarga Anda secara alami. (AL)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s